PENGALAMAN MENGIKUTI SELEKSI CAT ( COMPUTER ASSISTED TEST ) CPNS KEMENKUMHAM 2017



Kali ini saya akan sharing pengalaman saya dalam mengikuti seleksi CAT (Computer Assisted Test) pada CPNS Kemenkumham 2017. Tentunya bagi anda semua yang sedang atau pernah mengikuti seleksi CPNS sudah mengetahui tes CAT itu apa, anda akan melalui tes CAT dalam seleksi tahap pertama yaitu SKD (Seleksi Kemampuan Dasar). Tepatnya pada hari ini yaitu 11 September 2017, saya mendapat jadwal tes Seleksi Kemampuan Dasar hari pertama dan pada sesi ke 5 yang berlokasi di Kantor BKN X Regional Denpasar. Mungkin kali ini saya akan memberi seputar informasi dari awal sampai selesai tes. Sekedar informasi, tes CAT kali ini merupakan pengalaman pertama saya dalam mengikuti seleksi CPNS.

Untuk kalian yang ingin mencari aman, sebaiknya mematuhi segala informasi pengumuman dan syarat yang sudah disampaikan. Seperti datang 90 menit sebelum jadwal ujian yang kalian dapatkan, jika anda mendapat jadwal pukul 15.00 sebaiknya sudah ada di lokasi sejak pukul 13.00. Tadi siang saya datang lebih awal pukul 12.00, dan menyaksikan beberapa fenome diantaranya peserta yang disuruh pulang dan tidak diijinkan mengikuti tes karena datang terlambat. Selain itu, syarat lainnya yang ketat seperti penggunaan kemeja putih, celana hitam dan sepatu pantofel. Bagi anda yang ingin mencari aman, sebaiknya datang seperti yang disyaratkan layaknya pakaian anda melamar kerja kemeja putih polos tanpa corak, celana hitam kain dan sepatu pantofel karena saat saya menunggu juga ada beberapa peserta yang dipulangkan karena memakai kemeja bercorak, berwarna atau memakai celana jeans bahkan ada yang memakai sepatu coklat.

Sesampai di lokasi, terdapat tenda untuk menunggu bagi sesi selanjutnya sambil menunggu giliran untuk dipanggil untuk registrasi dan legalisir kartu tanda peserta. Hal yang perlu anda siapkan cukup KTP asli dan Kartu Tanda Peserta satu buah yang sudah ditempel foto 4x6 dengan latar berwarna merah 2 buah, ditempel menutupi foto yang terprint pada kartu tanda peserta. Selanjutnya tinggal masuk menuju ruang tunggu dan ruang tes CAT. Adapun beberapa informasi mengenai pelaksanaan tes CAT yang saya sudah lalui hari ini untuk bayangan bagi kalian yang besok atau hari berikutnya mengikuti seleksi CAT.

Berikut ini beberapa rule atau aturan pelaksaan sistem tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 yang diselenggarakan oleh BKN :
1. Soal SKD terdiri dari 100 buah soal.
2. 30 soal TKW (Tes Wawasan Kebangsaan), 30 soal TIU (Tes Intelegensi Umum) dan 40 soal TKP (Tes Karakteristik Pribadi).
3. Masing-masing soal TKW dan TIU bernilai 5 point, sedangkan TKP menggunakan skala 1-5 yang artinya semua jawaban pada TKP benar hanya saja dengan nilai poin mulai dari 1, 2, 3, 4 dan 5.
4. Tidak ada pengurangan nilai atau minus pada jawaban yang salah, jadi jika tidak tahu anda bisa jawab asal yang penting isi.
5. Total nilai dari semua soal berjumlah 500 poin.
6. Batas Passing Grade yang anda harus capai untuk TKW sebesar 75 poin, TIU sebesar 80 poin dan TKP sebesar 143 poin.
7. Anda harus mencapai atau melewati nilai passing grade tersebut untuk dinyatakan lulus sementara pada tes CAT ini, jika ada satu saja nilai passing grade yang dibawah batas baik TKW, TIU atau TKP akan dinyatakan tidak lolos.
8. Waktu yang diberikan 90 menit untuk mengerjakan 100 soal di atas.
9. Jawaban yang sudah disimpan masih dapat dikoreksi dengan interface sistem cat yang sangat mudah dioperasikan.

Setelah membahas mengenai rule pada sistem tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 di atas, selanjutnya saya akan menyampaikan opini saya dalam melalui tes CAT hari ini, NO OFFENSE ya !. Menurut saya tingkat kesulitan soal-soal tes CAT Kemenkumham 2017 kali ini cukup sulit karena sesuai dengan informasi BKN menggunakan soal-soal baru. Jadi, bagi anda yang sudah belajar banyak soal bersiap-siap terkejut karena saya sendiri yang sudah berlatih banyak soal baik dari internet atau membeli dari situs jasa latihan mengenai soal-soal cnps yang cukup terkenal dan hasilnya SATU PUN dari soal latihan tersebut tidak ada yang muncul pada tes CAT kali ini. Soal kali ini sangat baru bahkan cukup sulit karena konteksnya tidak umum seperti yang kita biasa jumpai misalnya konteks umum, pertanya mengenai hari lahirnya Pancasila tentunya pertanyaan ini sering anda jumpai pada latihan soal bahkan bisa anda jumpai dari sekolah tingkat SMP sampai SMA tetapi soal tes CAT kali ini benar-benar terasa asing dan jarang ditemui jadi anda jangan kaget. 

Selain konteks soal yang tidak umum ditemui, soal tes CAT Kemenkumham 2017 ini memiliki ciri soal yang panjang. Hal ini membuat saya merasa waktu 90 menit sangat kurang untuk mengerjakannya. Soal tes CAT Kemenkumham 2017 kali ini kebanyakan berisi mengenai sejarah, ppkn, padanan kata, numerik, penalaran, soal Bahasa Indonesia yang panjang-panjang dan anda tidak akan menemui materi bahasa inggris. Ini hanya menurut saya mungkin akan berbeda menurut pendapat anda nantinya saat mengalami, rasanya soal kali ini sangat sulit dijawab dengan nalar dan logika karena baru-baru dan jarang ditemui. Banyak dari teman-teman lain yang saya temui mengatakan banyak menjawab asal dan berpasrah pada kekuatan Tuhan hahaha. Tapi hal ini benar, anda cukup percaya jika Tuhan memang menghendaki anda kesana pasti anda akan diberikan jalannya walau anda menjawab asal.

For your information, nilai yang saya peroleh pada tes CAT kali ini dengan rincian TKW 90 lebih 15 poin dari passing gradenya 75, TKP 146 hanya lebih 3 poin dari passing gradenya 143 dan yang membuat saya tidak lulus yaitu TIU 75 dimana passing gradenya 80. Bagaimana jika anda menjadi saya apakah nyesek ? hahaha bayangkan jika ditelisik nilai TIU saya hanya kurang menjawab 1 soal benar dengan nilai 5 poin untuk mencapai passing grade 80 hahaha tapi saya legowo saja keep positif berati Tuhan belum menghendaki saya di Kemenkumham.

Bagi anda yang akan melalui tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 kali ini, mungkin beberapa tips yang dapat saya sampaikan untuk dapat melewati tes CAT ini berdasarkan pengalaman saya hari ini. Berikut ini tips lulus tes CAT Kemenkumham 2017 yaitu Pertama, anda harus memahami baik-baik nilai passing grade dengan waktu yang cukup mepet 90 menit. Melihat nilai passing grade TWK 75 yang berati anda harus menjawab 15 soal dengan benar, TIU 80 yang berati anda harus menjawab 16 soal dengan benar, sedangkan TKP tidak dapat diprediksi karena memiliki poin dengan skala 1 sampai 5. Karena berhubung soal baru, kurang umum dan panjang, ada baiknya anda melewati terlebih dahulu soal yang anda tidak tahu jawabannya atau ragu dengan berpatokan nilai minimal berapa soal pada masing-masing section TWK, TIU. Jadi, anda harus berpatokan untuk menjawab misalnya pada section TWK anda harus bisa menjawab 15 soal yang menurut anda benar jawabannya kemudian melewati beberapa soal TWK yang anda ragu lanjut ke section TIU. Kenapa saya katakan seperti ini, karena tujuan utamanya nilai anda tidak boleh satu pun yang berada di bawah passing grade. Jadi, usahakan minimal soal pada masing-masing section terpenuhi terlebih dahulu pada awal tes baru kemudian dengan sisa waktu yang ada menjawab soal yang ragu atau belum terjawab. Selaint itu, jangan berfokus pada soal yang susah. Misal, anda menemui soal yang susah pada section TWK dan menghabiskan banyak waktu yang menyebabkan waktu untuk menjawab soal pada section TIU dan TKP jadi lebih sedikit. Hindari juga soal yang panjang karena menghabiskan banyak waktu. Intinya usahakan menjawab minimal soal pada masing-masing section mulai dari awal start tes. Perlu diketahui, banyak peserta yang gugur karena nilai yang kurang pada salah satu section TWK atau TIU.

Section pada soal tes CAT tidak adan indikator yang mencirikannya, anda dapat membuat sendiri dengan menganalisa jika soal nomor 1 mulai dari pertanyaan berbau sejarah atau PPKN berati itu jenis soal TWK dan hitung sebanyak 30 soal dan selanjutnya itu merupakan soal TIU. Sekian yang dapat saya share mengenai pengalaman saya mengikuti tes CAT CPNS Kemenkumham 2017 hari ini, mungkin anda memiliki beberapa trik sendiri untuk melewati passing grade, semoga dapat membantu...

sumber : ragaminfobaru   .   blogspot   .  co  .  id
semoga dapat bermanfaat bagi orang lain

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com