Tryout Online Nasional CAT CPNS 2021 GRATIS!!!

Terbatas untuk 1000 Pendaftar pertama


Tryout ini dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Juli 2021

Untuk Paket Tryout CPNS yang lebih UPDATE dan LENGKAP
hanya tersedia pada Paket Premium dan Platinum

*Tryout GRATIS HANYA DAPAT dikerjakan pada hari Minggu, 23 Juli 2021 Pukul 01.00 WIB s/d 23.00 WIB.

Pengalaman Ujian CPNS Kominfo


Dua tahun lalu tepatnya 2010, masih seger-segernya ingetan tentang kuliah dan ceremonial wisuda aku nyoba tes cpns. gak tau juga nih aku termasuk orang yang terlambat tau info2 pendaftaran cpns alhasil cuma satu kementerian dan pemda lampung waktu itu yang aku ikutin. Dan lolos berkas. Berkasnya standar aja. Tes cpns kominfo terdiri dari 2 tahap yaitu tes kemampuan umum, dan psikotes plus wawancara.

Untuk tes kemampuan umum, sebenernya gak terlalu susah, mesti jago hapalan terutama mengenai kebangsaan, UU, pengetahuan umum (berita), bahasa indonesia, bahasa inggris, matimatika dasar, selebihnya lupa :) .  ohy untuk bhs. inggris ini soalnya cukup banyak jadi selain belajar wawasan kebangsaan, matematikan, juga persiapin bhs. inggris nya ya. Pada tahap ini aku lolos ntah dari berapa banyak peserta ya waktu itu gak ngitung juga sih.

Tahap ke-2 yakni psikotes di UI salemba. Ternyata yang lolos untuk posisi aku ada 3 orang. jadi kesempatan lolos 1:3. Udah ngarep donk, secara makin gede gitu kesempatan lolosnya. Saat itu aku di lampung-di rumah, jadi pas tau aku langsung berangkat ke jakarta dan minep di rumah temen bapak ku. Soal-soalnya buanyak banget… mulai tes sekitar jam 2 dan selesai menjelang maghrib. Mulai dari ngisi data diri, kemudian EPPS yang memilih 2 pernyataan yg paling mendekati diri kita dan pernyataan itu diulang-ulang, tipsnya jawab dengan jujur agar jawaban kita konsisten. Ada juga wartegg test (melanjutkan 8 gambar). Gambar pohon dan gambar orang. Selain itu juga ada soal-soal balok, penalaran gitu.. Menguras tenaga dan pikiran deh… Ohya hampir lupa ada tes koran juga man teman itu yang ngitung buannyaaakk banget. nama tes nya kalo gak salah “Kraepelin Test”.  Tipsnya stamina meski wokeh…

Keesokan harinya adalah tes wawancara dengan user di kantor Kominfo. Pada tahap ini aku gak yakin soalnya ku kurang persiapan dimana baru tiba dari lampung dan langsung ikut psikotes dan esoknya wawancara. Aku diwawancara oleh kepala bagian hukum. Beuh… beda dengan posisi yang aku tuju. Berharap bukan tentang hukum deh yg ditanya. Giliranku jam 1 siang dan aku adalah orang kedua terakhir, dari pagi nunggu dah rapi hingga siang dengan perut kosong. Pertanyaan seputar diri kita, kemudian perkenalan dg bahasa inggris, apa yg diketahui tentang kominfo, visi misi kominfo, kenapa mau jadi pns, motivasinya apa, sebutkan undang-undang informasi yg diketahui dan jelaskan, pengalaman organisasi di kampus (bagi fresh graduate), apa pelajaran/keuntungan yg didapat selama organisasi, apa yang dihasilkan dalam organisasi tsb, bagaimana cara mengerjakan sesuatu, dan terakhir apa manfaatnya latar belakang pendidikan bagi posisi yang dituju.

Udah kebayang kan wawancaranya? rileks aja, saat itu sih aku nyantai, tapi grogi juga apalagi ditanya ttg undang-undang terkait informasi, karna sebelum masuk kantor tsb aku lihat ada spanduk di depan bertuliskan UU keterbukaan informasi so itulah yang aku utarakan… bener2 bleng… coz gak aku siapkan sebelumnya. Kalo untuk organisasi ceritakan aja posisi kamu, tanggung jawab kamu. Untuk cara mengerjakan sesuatu atau memenej sesuatu bisa dijawab seperti mengawali sesuatu dengan perencanaan trlebih dahulu dll.

Meski peluang lolos semakin besar, namun ini belum rizki aku. Semuanya aku jadiin pengalaman. Hikmah besar yang aku dapatkan adalah bahwa kesempatan itu bisa datang pada siapa aja, namun eksekusi itu juga menentukan apakah kita mempersiapkannya atau tidak. Dan usaha kita semuanya tetap berpulang pada ketetapan-Nya. Menurut aku, disetiap kesempatan yang kita peroleh harus kita perjuangkan dengan sungguh-sungguh seperti belajar, lebih banyak mencari tahu, meminta do’a dari orang tua, dan terpenting lagi adalah mengaitkan segala sesuatu kepada Sang Pencipta. Hasil akhirnya hanya ada 2: Lulus, atau Gagal. Apapun hasilnya harus IKHLAS, ikhlas saat gagal dan ikhlas pula saat lulus dan menghadapi dunia kerja yang kadang tak seindah pikiran kita.

_Ganbatte Kudasai_

_Apapun yang menjadi keinginan kita, harus kita perjuangkan, kurang persiapan sama saja menutup peluangmu untuk berhasil_

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com