Pengalaman Test Seleksi CPNS KemenKeu



Akhirnya setelah selama beberapa bulan dan 4 kali test, gw lulus juga dan diterima di Kementrian Keuangan Republik Indonesia (^..^) Semua ini berkat Yang Maha Kuasa, Nyokap gw, sodara gw, temen2 gw dan semua yang membantu dalam menghadapi test-test tersebut. Termasuk juga para blogger atau internet user yang menceritakan pengalaman mereka melamar kerja di Kementrian Keuangan. Dari membaca cerita-cerita pengalaman tersebutlah, gw jadi punya sedikit pandangan akan apa yang akan gw hadapi nantinya. Dan sebagai timbal baliknya, gw akan menceritakan pengalaman gw sendiri. Siapa tau bisa membantu mereka yang ingin melamar di Kementrian Keuangan di tahun-tahun mendatang.

Okeh, yang pertama adalah bagian administrasi. Ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Tinggal melamar secara online (akan lebih bagus bila koneksi pada saat melamar cepat atau setidaknya normal). Pada saat melamar online, akan ada pilihan ingin ditempatkan di eselon I yang mana. Waktu itu pilihan yang ada buat gw adalah: Bapepam & LK, Pajak, dan Sekjen. Kalo di pajak pasti gajinya bisa selangit (^..*) tapi gw memilih Bapepam dan Sekjen karena skill Inggris gw mungkin lebih berguna disitu.

Setelah itu tinggal menyiapkan data-data yang diminta. Harap untuk melakukan sesuai yang diminta. Jangan mengirim yang tidak diminta. Menyusunnyapun sesuai urutan yang diminta. Setelah semuanya selesai, gw masukkan ke amplop coklat besar dan langsung ke kantor pos.

Kira-Kira beberapa minggu kemudian (atau mungkin sebulan lebih) pengumuman lulus administrasi akhirnya keluar juga. Nama gw ada berarti gw lulus. Ini sih kaga mengejutkan, karena memang asal kita memenuhi persyaratan yang ad pasti bisa lulus tahap ini. Beberapa minggu kemudian gw mengambil kartu ujian dan siap-siap untuk Test Pengetahuan Akademik. Yang lulus test admin khusus jakarta saja ada sekitar 25.000an


Test Pertama adalah (selain test administrasi) Test Pengetahuan Akademik n suka disingkat TPA.Test ini adalah Test pertama dan test yang paling banyak memakan korban :D. Dalam test ini pengetahuan akademik kita akan diuji. Dari Bhs. Indonesia, inggris, matimatika, logika, dan pengetahuan umum. Sebagai tambahan, dalam bagian bahasa Inggris, kita akan diminta menterjemahkan text bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Menterjemahkan bukanlah masalah besar bagi gw, malah saat mengerjakannya gw senyum-senyum sendiri (gw suka jadi hepi kalo bisa nerjemahin :D) cm matimatikanya yang kaya TAI T.T

Nah dalam mengerjakan TPA ada beberapa hal yang perlu diingat.

- waktu singkat. 1 soal harus selesai dalam waktu kurang dari 45 detik
- jangan meninggalkan jawaban yang kosong. Isi saja toh tidak ada sistem minus.
- jangan terpaku atau penasaran dalam mencari jawaban 1 soal. ingat waktu terbatas, jadi langsung tembak.
- Karena waktu yang singkat, tidak akan ada waktu untuk mengecek atau mengulang soal, jadi kalo stuck dalam soal yang tidak bisa dijawab, asal tembak langsung saja
- soal matimatikanya bukan soal matimatika sederhana, tapi semua soal dari log, bangun dll, jadi persiapkan baik2
- walau soal matimatika, tapi masih dapat diselesaikan dengan logika, jangan dengan rumus. waktu 45 detik tidak akan cukup untuk menyelesaikan soal dengan rumus

Kira-kira itu saja sih yang perlu diingat dalam mengerjakan soal TPA. Nah Setelah mengerjakan soal tersebut dan mengutuk soal2 tersebut, gw sebenarnya agak sedikit pesimis bakal lulus atau tidak. Bhs Ind, pengetahuan umum, logika dan apalagi bhs Inggris sih tidak masalah, matimatikanya itu loh yang rese (>.<).

Tetapi setelah kira-kira sebulan lebih menunggu, gw lulus ^..^ Agak sedikit kaga percaya tapi GW LULUS huahahahaha

Dari 25.000an yang lulus admin, yang tersisa khusus jakarta saja hanya 2000an. Cm 10 % doank yang lanjut. memang test yang paling banyak memakan korban (>.<)


Maka mari lanjut ke tahap berikutnya yaitu Psikotes. test ini terdiri dari beberapa bagian. Yang gw ingat adalah

- test dari booklet. dalam booklet ini ada pertanyaan dari matimatika (lagi!!!!!), bahasa dan tentu test2 gambar. Tapi untung saja test matimatiknya hanyalah hitungan dasar (tambah, kurang, kali, bagi, bilangan, kuadrat dan lain2)

- clerk test atau apalah. test untuk mengecek ketelitian kita. Kalo tidak salah kita harus mencocokan anggka dan huruf.

- Kraeplin test. test yang satu ini bikin pusing, mual dan cangkel tangan euy. jadi nanti kita akan diberikan kertas sebesar kertas koran yang isinya anggka semua. nah kita harus menambahkan anggka2 tersebut. Sebenarnya hitungannya mudah karena anggka yang ditambahkan tidak lebih dari 1 sampai 9 (4+5, 6+7 dll) cm banyaknya itu yang bikin cape.

- test menggambar. Test ini terdiri dari 3 bagian. pertama adalah test melajutkan gambar. ada 8 kotak dan di masing2 kotak telah ada coretannya. Kita harus melengkapi coretan tersebut menjadi gambar utuh. Setelah itu kita akan diminta untuk menggambar orang dan pohon.

- test kepribadian. ini lumayan mudah. Akan ada beberapa pernyataan dan kita harus memilih antara sangat setuju sampai sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

Sebenarnya soal psikotes itu gampang2 susah. Karena yang dinilai adalah kejiwaan jadi memang sedikit susah untuk meningkatkan nilai kejiwaan. Yang diperlukan hanyalah latihan2 agar tidak kagok dalam menghadapi soal. Mungkin yang perlu diingat adalah

- Dalam mengerjakan soal yang dari booklet, ingat waktu terbatas. jadi jangan terpaku atau penasaran akan satu soal. Bila terasa sudah sedikit kelamaan, tembak saja langsung.
- bila punya uang lebih, beli buku-buku contoh soal psikotes atau cari di internet. INi sangat bagus untuk latihan dan mengenal contoh2 soalnya.
- untuk kraeplin, bisa googling untuk mencari contoh soalnya. kalo tidak salah ada rumus makro untuk word supaya bisa menghasilakan table anggka2 seperti kraeplin test. tapi lupa nama linknya (>.<)
- gw masih inget untuk membantu dalam mengerjakan kraeplin dan test ketelitian (clerk test kalo kaga salah) gw suka menyebutkan hasil atau anggka yang perlu dicocokan. Memang dalam ujian tersebut kita diminta untuk tenang tapi bukan untuk diem kan :D. Cara ini gw rasa cukup membantu otak gw dalam mengerjakan soal macam ini. (gw jadi berguman sendiri waktu ngerjain soal: 2b, 4c, 7s; kalo yang kraeplin: 7, 12, 15, 9, 0 dll :D)
- dalam test kepribadian, inget untuk menentukan sifat2 seperti apa yang ingin ditonjolkan dan yang ingin disembunyikan. Jujur, suka menolong tentu perlu ditunjukkan dan suka telat lebih baik di tekan saja. Tapi ada baiknya juga jangan memaksa ingin terlihat seperti manusia sempurna. kalo memang kita sedikit sulit bergaul (gw memiliki masalah ini) ya sudah akui saja. dengan begini akan terlihat lebih natural.
- untuk gambar yang perlu diingat adalah kelengkapan, bukan bagus tidaknya. Kalo gambar orang ya jangan lupa rambut, alis mata, hidung, jam dll. Akan lebih bagus menggambar orang yang sedang melakukan aktivitas. Sedangkan untuk pohon jangan lupa untuk menggambar akar, dahan, daun, buah dll. ( gw gambar pohon rambutan karena dirumah Opung (kakek dan nenek) gw ada pohon rambutan dan dulu gw suka ngambil buahnya. cm pas gw gambar buahnya, malah keliatan kaya bagian tubuh lelaki yang berbiji dan berbulu wkwkwkwkwkwkkwkwkwwkwk.

Test psikotes yang gw alami berlangsung dari jam 9 kurang sampai jam 1 lebih. Sumpah pengen muntah gw (>.<). Setelah sampai rumah, gw langsung molor. Sebulan kemudian hasilnya keluar dan gw lulus lagi :D. Amin ya Tuhan

Dari 2000an, yang lulus khusus Jakarta saja ada sekitar 1700an

Test yang ketiga lebih mudah yaitu test kesehatan. test ini terdiri dari
- pemeriksaan tinggi dan berat badan
- pemeriksaan tensi dan detak jantung ( tensi gw bagus cm, detak jantung gw cepet karena gugup. Sampai dibilang ma dokternya "kok deg-degan sih?" Ini test BU makanya saya gugup
- pemeriksaan mata
- pemeriksaan buta warna atau tidak
- pemeriksaan varises
- pemeriksaan mata
- pemeriksaan mulut
- dan yang paling malaz, pemeriksaan ambein (ini berarti dubur gw diperiksa. Gw harus merekahkan pantat montok gw di depan orang lain. NOOOOOOOOOOOOO)

selain pemeriksaan diatas, gw juga dites kebugaran.
- test lari selama 12 menit
- shuttle run

Untungnya gw udh latihan di Lapangan Sempur Bogor untuk test lari n hasilnya gw jadi juara di grup gw (lumayan baguslah bagi seorang cowo yang tidak suka olahraga (^..^)) Yang perlu diingat dari test ini adalah untuk lari terus. Tidak ush dengan kecepatan tinggi, tapi yang penting lari walau memang tidak terlalu cepat. jangan Pernah berhenti lari dan jalan. Lari terus~~~~ (Kira-kira kalo diukur dengan lapangan Sempur, yang penting harus dapat sekitar 5 kali keliling lapangan)

Sedangkan untuk shuttle run kita hanya perlu lari cepat mengelilingi dua batas kayu. harus bolak balik sekitar 4 kali. Semakin cepat selesainya, semakin bagus.

Setelah beberapa minggu, hasilnya keluar dan gw lulus. Dari sekitar 1700, yang lulus sekitar 1100an. Jadi tinggal yang terakhir saja Yaitu test wawancara. Sebelum wawancara kita diminta untuk mengisi Daftar riwayat hidup di rumah dan membawanya pas wawancara. Dari daftar riwayat tersebut, sang pewawancara akan mengambil pertanyaan-pertanyaan. Gw sendiri ditanya tentang pengalaman2 kerja gw. Seperti apa kerjanya, apa tugasnya, bagaimana sistem kerjanya, dan lain2. Padahal gw juga sudah menyiapkan diri dengan informasi2 ekonomi aktual tapi ternyata tidak muncul sama sekali cuy hahahahahaha. Owh iya gw juga ditanya siap ditempatkan di daerah2. Gw jawab tentu :D

Nah setelah selesai wawancara kemenkeu gw lanjut wawancara kemenlu (gw juga ikut ngelamar di kemenlu) cm itu cerita di lain waktu saja :D. Setelah menunggu beberapa minggu, hasil akhirnya keluar tanggal 3 november. Tanggal 2 november gw udh panteng di depan komputer menunggu pergantian hari dan pengumuman. Gw masih inget bagaimana jantung gw berdegup kencang banget sampai gw bisa ngerasain githu. Tapi akhirnya nama gw tercantum di daftar yang lulus (ada sekitar 800an khusus jakarta saja). Alhamdulillah.

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com