PENGALAMAN UJIAN CAT CPNS MA 2017

kpk-geledah-rumah-dan-ruang-kerja-sekjen-ma-nurhadi-Taf


okay guys tahun 2017 menjadi tahun yang cukup istimewa buat para pemuda negri ini yang rindu untuk menjadi abdi negara karena akhirnya seleksi CPNS kembali diadakan. horayyyy....

Sampai tulisan ini dibuat (29/9), pendaftaran CPNS sudah dibuka sebanyak 2 periode. seleksi berkas periode 2 saat ini sedang berlangsung, jadi yang aku mau cerita pengalaman di periode 1 saja dulu ya. 

Periode 1 tahun 2017, ada dua lembaga yang membuka lowongan yaitu Mahkamah Agung dan Kementrian Hukum dan HAM. karena saya ikut yg MA jadi yg sya share pengalaman di MA ya. Untuk jumlah kuota yang diterima akan aku bukaan diakhir tulisan.
 
Tanggal 1-26 Agustus adalah tahapan pertama proses rekrutmen ini yaitu pendaftaran online. tman-teman harus membuat akun sccn terlebih dahulu di web sscn.. https://sscn.bkn.go.id/ . menurut pengalaman saya sebaiknya jangan mendaftar di hari pertama karena servernya benar-benar sibuk dan terkadang down. Sebaiknya  mendaftar di tanggal pertengahan saat sudah mulai tidak terlalu ramai, waktu itu saya daftarnya sekitar tanggal belasan.Lebih baik baca terlebih dahulu pilihan pengumuman agar mengtahui denganbaik syarat2 pendaftaran.  Tapi ingat jangan mendaftar terakhir-terakhir juga ya, takutnya kayak kejadian diperiode aku ada beberapa orang yang wajib lakukan upload data/daftar ulang karena ada yg bermasalah dnegan akunnya. nah kalo daftarnya diakhir kan ribet, kalo misalnya daftar agak cepetan masih ada waktu untuk mendaftar kembali. dan jangan lupa gabung di grup sosial media terkait, itu lumayan kasih banyak info sih. misalnya follow twitternya bkn atau gabung di grup telegram. kalau aku sih pantengin dua sosmed ini. Saat teman-teman udah punya akun sscn, tahapan selanjutnya kita isi data pribadi kita dan pendidikan dll. Nah kalo udah lengkap tinggal pilih deh lembaga yg mo didfatari. sistemnya akan secara otomatis menyenyuaikan  persyaratan yang kita lamar dengan profil kita tadi, kalo sesuai oke selsailah pendaftaran. setealh itu kita lanjut dengan mengupload berkas2. Pas Foto, Scan Ijazah dan Transkrip, KTP, Kartu Keluarga, dan surat lamaran yang ditulis tangan kapasitasnya sekitaran maksimal 300kb. dan saya memilih formasi umum calon hakim di peradilan tata usaha negara.
 
ditanggal yang hampir sama juga yaitu 2-31 Agustus, kita wajib mengirim berkas dalam bentuk hardcopy via pos ke panitia seleksi. berkas yang dikirim itu fc ijazah dan transkrip yg dilegalisir, akreditasi prodi dan universitas (universitas bagi cumlaude) yg dilegalisir, fc ktp dan kk, surat lamaran yang diberi materai. ingat yah selalu cek kembali ke web sccn walaupun sudah kirim berkas, sapatau nama kamu masuk dafta orang yang wajib upload data ulang. untuk lebih lengkapnya baca di pengumuman masing-masing instansi ya. ada kok di web sscn bagian pengumuman.
 
next Tanggal 7 september yang seharusnya tanggal 5, pengumuman yang lolos berkas sudah keluar. Puji Tuhan ya namaku lulus, jadi mulai deh belajarnya agak intens.. jujur ya persiapan cpns iini rasanya kayak mo belajar ikut snpmtn jaman dulu hehehe... nah disini kita bisa cetak kartu test. skalian liat lokasi test kamu, bisa nyari lokasinya kalo belum liat. Untung lokasi aku Kanreg IV BKN Makassar dekat banget dri rumah#ehcurhat

Nah test pertama yang kita laluin itu namanya Test Kemampuan Dasar (TKD). Untuk MA testnya diadakan tanggal 18-22 sept . Akibat emak dan bapake yg kasih nama kesaya awalnya hruf A, jadilah saya kebagian hari pertama sesi 2. dalam sehari ada 5 sesi . tiap sesi testnya selama 90 menit. Test Kemampuan Dasar ini ada tiga jenis yang pertama TWK ( Test wawasan kebangsaan), TIU (test intelengesia umum), dan TKP (Tes karakter pribadi). Nilai Ambang Batas atau passing grade sesuai Permenpan no.22 tahun 2017 yaitu 75 buat buat TWK , 80 buat TIU , dan 143 buat TKP buat formasi umum sedangkan buat formasi cumlaude dan putra-putri papua tidak menggunakan nilai ambang batas ini melainkan langsung diranking nasional. 
 
tipsnya di sesi ini perbanyak belajar aja soal-soal yang dijual di toko buku. mirip-mirip kok jenisnya dengan soal CAT ini.. oh iya sistem ini CAT ya, jadi benar-benar jujur krn lagsnung tes online di tempat dan hasilnya langsung keluar saat selsai test.  Tidak ada sistem minus ya, setiap jawaban benar di TWK dan TIU bernilai 5 dan jika salah 0. sedangkan untuk TKP bernilai 1-5 untuk masing masing ihan jawaban ( a-e)
 
Puji Tuhan lolos nih tapi dengan skor yang pas-pasan. TWK 95, TIU 80, dan TKP 156 total skor 331. tapi jangan seneng dulu yah, walaupun kita ikut formasi umum kita masih akan diurut/ranking nasional lagi. kita harus masuk di nilai tertinggi tiga kali jumlah kuota. misalnya  ya saya pilih PTUN yang kuotanya 34, berarti aku harus masuk di 102 skor tertinggi seindo. kebayang gak gimana was-wasnya sya yang skornya pas-pasan ini hahahahahha...
 
bebrapa teman yang gak lolos passing grade ini ada yang sharing , katanya yang jatuh di TWK karena kurangkuat belajar sejarahnya, yang jatuh di TIU karena udah lama gak belajar matematika di fak.hukum, dan yang jatuh di TKP karena keasikan ngerjain soal twk dan tiu sehingga kehabisan waktu saat mengerjakan tkp,. 
 
kalo saya kemarin susahnya di tiu sama twk juga. di tiu saya agak lemah di soal deret aritmatika yg agak rumit.sedangkan di twk kemarin saya terlalu fokus belajar di sejarah sebelum kemerdekaan eh malah dapat soalnya kebanyakan orde lama dan orde baru hehe. 
 
DAn akhirnya tanggal 29 sept hari ini, yang telat sehari dri jadwal seharusnya, pengumuman ranking nsional itu keluar. dan sayang sekali saya belum lolos tahap ini dengan skor saya 331 di formasi ptun. Tuhan masih berkendak lain buat saya. :) jadi belum bisa cerita tahapan selanjutnya ya yaitu test kemampuan bidang, psikotes dan wawancara.
 
Yuk lihat di tabel2 dibawh ini yang bisa jadi referensi kamu buat nentuin straategi mau pilih formasi seperti apa. kali aja bisa nolong baut cpns selanjutnya hehe
 
TABEL 1. KUOTA FORMASI YANG DITAWARKAN MA
TABEL 2. JUMLAH PESERTA LOLOS TKD , (maaf tabel ini saya tidak punya) tapi kalo gak salah ingat pernah baca di kompas yang gagal sekitar 86 % dari jumlah peserta
 
TABEL 3. PESERTA YANG LOLOS ke TKB (Tes kemampuan bidang)/ hasil RANKING NASIONAL
 
 
 
TABEL 4. SKOR YANG LOLOS KE TKD
  1. Formasi Umum Peradilan Umum ( Nilai tertinggi 416, nilai terendah 298, jumlah peserta 2719)
  2. Formasi Umum Peradilan Agama (Nilai Tertinggi 384, nilai terendah 298, jumlah peserta 468)
  3. Formasi Umum PTUN (Nilai Tertinggi 415, nilai terendah 339, jumlah peserta 106)
  4. Formasi Cumlaude Peradilan Umum (Nilai Tertinggi 413, nilai terendah 333, jumlah peserta 317
  5. Formasi Cumlaude Peradilan Agama (Nilai Tertinggi 392, nilai terendah 253, jumlah peserta 186)
  6. Formasi Cumlaude PTUN (Nilai Tertinggi 388, nilai terendah 344, jumlah peserta 9)
  7. Formasi Papua Peradilan Umum (Nilai Tertinggi 334, nilai terendah 310, jumlah peserta 2)
  8. Formasi Papua Peradilan Agama (Nilai Tertinggi 334, nilai terendah - , jumlah peserta 1)

 
Sumber : akalasuso . blogspot . co . id
semoga bermanfaat bagi orang lain

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com