Apa itu TOEIC ?


Sudah pernah tahu dengan TOEFL, IELTS, dan TOEIC ?
Nah, Ketiga tes ini sebenarnya sama yaitu biasa digunakan untuk mengukur kemampuan para non-native. Maksudnya untuk yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris. Baiklah kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai TOEIC. Let's check it out !

      Sebenarnya TOEIC itu sama seperti TOEFL dan IELTS, hanya saja kalau TOEIC lebih spesifik fungsinya. TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes keahlian berbahasa inggris untuk orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa inggris. TOEIC itu sendiri terdiri dari 2 ujian yaitu listening dan reading. Range nilainya mulai dari 10 sampai 990. Tes TOEIC dapat mengukur kemampuan berbahasa inggris untuk individu yang dalam kesehariannya bekerja di lingkungan international. Nilai- nilainya menunjukkan seberapa baik seseorang dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan individu lainnya dalam komunikas umum, termasuk di lingkup pendidikan, bisnis, perdagangan, dan industry. Tes ini tidak memerlukan pengetahuan khusus atau istilah yang tidak umum yang digunakan orang dalam aktivitasnya sehari-hari..

         Tes TOEIC adalah tes pilihan ganda yang berlangsung selama dua jam yang terdiri dari 200 pertanyaan yang dibagi menjadi dua sesi :

    Listening section: sesi ini menguji seberapa baik kita dapat memahami pembicaraan dalam bahasa inggris. Sesi ini terdiri dari dari 4 bagian dan berisi 100 pertanyaan yang diputar pada sebuah kaset atau CD. Kita akan diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan pada bermacam-macam pertanyaan, dialog singkat, dan percakapan singkat yang direkam dalam bahasa inggris. Total waktunya adlah 45 menit.
    Reading section: dalam sesi ini akan terdapat 3 bagian yang menguji seberapa baik anda dapat memahami bacaan dalam bahasa inggris. Kita akan membaca berbagai macam materi dan melakukan pengaturan waktu secara pribadi dalam menjawab 100 pertanyaan berdasarkan isi dari materi yang disediakan untuk kita. Total waktunya adalah 75 menit.

       Kita akan menjawab pertanyaan tes ini dengan cara menghitamkan salah satu huruf (A),(B),(C),(D) dengan pensil pada lembar jawaban yang terpisah. Walaupun waktu yang tersedia diperkirakan selama dua jam, waktu tambahan memang diperlukan untuk menyelesaikan daftar pertanyaan dan biodata peserta dalam lembar jawaban. Karenanya, kita harus meluangkan menyiapka kira-kira 2,5 jam untuk mengikuti tes ini.

Nah, siapa saja sih yang biasanya mengikuti tes ini ?
Banyak sekali orang – orang dari berbagai institusi yang mengikuti tes ini mulai dari :

  1. Karyawan atau staf yang menggunakan bahasa inggris dalam berbagai lingkungan kerja seperti kantor–kantor pemerintah, bisnis, hotel, rumah sakit, restoran, pertemuan internasional, konferensi, dan program olahraga.
  2. Staf manajemen, sales, dan karyawan bagian teknik dalam bisnis internasional, perdagangan dan industry yang membutuhkan bahasa inggris dalam pekerjaan mereka.
  3. Para calon peserta pelatihan yang akan dilakukan dalam bahasa inggris.
  4. Para individu yang sedang mengikuti program pelatihan bahasa inggris ataupun kepentingan pengajuan beasiswa dan visa  ke luar negeri.
  5. Para pelajar atau mahasiswa untuk mengukur kemajuan dalam proses belajar, syarat kelulusan, dan juga kelengkapan dalam memasuki dunia kerja.

           Pertanyaannya adalah kenapa kita harus mengikuti tes TOEIC ? jawabannya adalah tes TOEIC telah menjadi pilihan bagi lebih dari 6 juta peserta tes setiap tahunnya dan diakui oleh 10.000 organisasi di dunia. Sebagai sebuah alat ukur yang akurat dan obyektif dalam mengukur kemampuan berbahasa inggris, tes TOEIC ini akan memungkinkan kita untuk :

  1.     Membuktikan tingkat kemampuan kita yang sebenarnya dalam berbahasa inggris.
  2.     Memenuhi persyaratan untuk jabatan baru dan atau promosi di dalam perusahaan.
  3.     Penegasan/bukti atas tingkat profesionalitas kita.
  4.     Memonitor perkembangan kita dalam berbahasa inggris.
  5.     Mengatur tujuan belajar.
  6.     Melibatkan perusahaan dalam memajukan kemampuan bahasa inggris kita.

Selanjutnya, kapan dan dimana kita bisa mengikuti tes TOEIC ?
     Tes TOEIC tersedia di seluruh dunia. Tes ini bisa dilaksanakan berdasarkan permintaan dari badan-badan hukum atau organisasi-organisasi lain yang mengharapkan karyawan-karyawannya atau para calon pelamar pekerjaan untuk mengikuti tes TOEIC. Selain itu, telah terdapat tempat kursus, sekolah-sekolah dan kampus yang memberikan tes TOEIC bagi siswa dan mahasiswanya. Jika tes TOEIC belum terjadwal dalam organisasi kita, kita dapat menghubungi kantor International Test Center (ITC) sebagai perwakilan resmi ETS di Indonesia untuk mendapatkan informasi kapan dan dimana kita bisa mengikuti tes ini.

Bagaimana dengan biaya tesnya ?
     Untuk mendapatkan informasi mengenai biaya tes TOEIC di Indonesia, dapat dilakukan dengan menghubungi kantor perwakilan ITC karena biaya tes TOEIC ini bervariasi di seluruh dunia.

Berapa nilai yang saya butuhkan untuk “lulus” tes TOEIC ?
        Tes TOEIC ini bukanlah seperti tes dimana kita dapat dinyatakan ‘lulus' atau ‘gagal’. Tidak semua pekerjaan atau tugas mewajibkan tingkatan yang sama pada keahlian berbahasa inggris. Skala nilai TOEIC juga memungkinkan seseorang untuk membuat tujuannya yang dapat dicapai dan mengukur peningkatan profisiensi bahasa inggrisnya.

        Karena tes ini dibuat secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan berkomunikasi, maka tes TOEIC dapat mengukur berbagai tingkatan profisiensi dalam berbahasa inggris. Tes TOEIC memungkinkan orang untuk mendemonstrasikan apa yang bisa mereka kerjakan dalam bahasa inggris. Selain pemerintah, banyak perusahaan yang menggunakan tes ini untuk menerapkan standar nilai berdasarkan pada tingkatan kebutuhan bahasa inggris yang diperlukan untuk menempatkan seseorang di posisi yang tepat. Banyak juga kantor dan pemerintah dan perusahaan yang memberikan pelatihan bahasa inggris untuk untuk membantu stafnya mencapai target nilai tes TOEIC yang menggambarkan tingakatan keahlian yang lebih spesifik berdasarkan kebutuhan professional. Sekolah dan perguruan tinggi menggunakan TOEIC sebagai alat pemetaan dan program sertifikasi internasional bahasa inggris. Nilai TOEIC tersebut dapat digunakan untuk mengetahui tingkat profisiensi dan perkembangan bahasa inggris untuk siswa dan mahasiswanya termasuk untuk syarat kelulusan, persiapan memasukin dunia kerja, dan studi lanjut.

Bagaimana gambaran isi dari pertanyaan tes TOEIC ?
Beberapa contoh pengaturan dan situasi yang bisa kita temui pada tes TOEIC yaitu :

  1. Pengembangan perusahaan : riset, pengembangan produk.
  2. Penjamuan makan : perjamuan bisnis dan makan siang yang informal, resepsi, perjamuan makan, dan pemesanan restoran.
  3. Hiburan : bioskop, teater, music, kesenian, pameran, museum, dan media.
  4. Keuangan dan anggaran belanja : perbankan, investasi, perpajakan, akuntansi, pembayaran tagihan.
  5. Bisnis umum : kontrak, negosiasi, merjer, pemasaran, penjualan, garansi, perencanaan bisnis, konferensi, hubungan tenaga kerja.
  6. Kesehatan : asuransi media, mengunjungi dokter, dokter gigi, klinik, rumah sakit.
  7. Perumahan/property : konstruksi,, spesifikasi, sewa-beli, layanan listrikdan gas.
  8. Manufaktur : perakitan, manajemen pabrik, pengendalian mutu.
  9. Perkantoran : rapat dewan, komite, surat-surat, memorandum telepon, fax dan e-mail, perlengkapan dan furniture kantor, peraturan perusahaan.
  10. Personalia : perekrutan dan penerimaan karyawan, mempekerjakan karyawan baru, pengunduran diri, gaji, promosi, lowongan kerja, iklan, pensiun dan penghargaan.
  11. Pembelian : pembelanjaan, pemesanan peralatan kantor, pengiriman barang, faktur.
  12. Area teknis : elektronik, teknologi, computer, laboratorium dan perlengkapannya, spesifikasi teknis.
  13. Perjalanan : kereta api, pesawat terbang, taksi, bus, kapal laut, feri, tiket, informasi jadwal dan pengumuman di bandara dan stasiun, penyewaan mobil, hotel, reservasi, keterlambatan dan pembatalan.

Apabila kita mempunyai keterbatasan fisik, apakah masih bisa mengikuti tes ini ?
             Jika kita ingin mengikuti tes ini namun kita memiliki keterbatasan fisik kita dapat menghubungi ITC untuk mendiskusikan kebutuhan tersebut paling tidak 2 minggu sebelum tanggal tes.

Bagaimana dengan bukti bahwa kita telah mengikuti tes TOEIC ?
              Akan ada sebuah sertifikat bagi kita yang telah mengikuti tes ini
Contoh sertifikat TOEIC


sertifikat tersebut hanya diberikan di Indonesia sedangkan di negara-negara lainnya hanya diberikan score report

Contoh Score report TOEIC

Durasi Waktu

Waktu tes adalah 2½ jam, dengan perincian:

    Seksi 1: 45 menit
    Seksi 2: 75 menit

Waktu ini mencakup waktu untuk mengisi beberapa form terkait dengan test.

Tempat pendaftaran dan informasi?

PT. International Test Center

Central Business District Office:

Plaza Sentral, 17th Floor, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 47, Jakarta 12930, Indonesia, Phone: +62-21 5711 943, Fax: +62-21 5711 944

Operations Office:

Rukan Mangga Dua Square Blok H28-29, Jalan Gunung Sahari Raya No. 1, Jakarta 14430, Indonesia, Phone : +62-21 6231 0281, Fax : +62-21 6231 0282

    Email : info@itc-indonesia.com
    Website : www.itc-indonesia.com or www.ets.org

Sekarang Anda sudah tahu bukan apa itu TOEIC? TOEIC adalah instrument penilaian bagi Anda yang akan bekerja, namun sayang para pengambil kebiajakan tenaga kerja, masih sering mempersyaratkan sertifikan skor TOEFL untuk penerimaan pegawai baru. Tak ada salahnya Anda memiliki sertifikat kedua test tersebut sehingga Anda mengenala dua bentuk test tersebut.

Bagi yang ingin belajar TOEFL atau IELTS atau ujian sejenis lainnya secara mandiri, bisa memanfaatkan program GoCPNS yang berisi berbagai macam jenis soal dan pembahasan ujian CPNS disertai berbagai macam tes substantif, salah satunya materi bahasa inggris TOEFL atau sejenisnya yang lain. semakin banyak anda berlatih, akan semakin terbiasa pula Anda dalam menghadapi ujiannya.

Delete this element to display blogger navbar