Tahun ini Aku HARUS lulus ujian CPNS

Menjadi pegawai masih idaman kebanyakan orang. Kalau kita amati antrian saat pendaftaran dari tehun ke tahun semakin panjang. Padahal kuota yang dibutuhkan prosentasenya sangat  kecil dari pada pendaftar. Memang kondisi ekonomi Negara kita masih amburadul yang berimbas pada sulitnya mencari pekerjaan yang layak, gaji yang sesuai UMR daerah saja sulit terpenuhi. Akhirnya Pengawai Negeri sebagai incaran setiap pencari kerja.
Mungkin anda merupakan salah satu bagian dari antrian yang panjang tadi, menunggu kapan akan lolos menjadi CPNS dan akhirnya PNS. Kandang rasa putus asa mulai muncul, berbagai cara dan jalan sudah dicoba dan buntu. Bahkan celakanya lagi ada saudara kita yang mengambil jalan belakang melalui CALO atau MAFIA lain. Sekedar mengingatkan “carilah yang halal, karena lewat belakang itu tidak halal kan?, kalau tidak halal, gimana anak kita nanti? Wah, bakalan kacau HIDUP nantinya”.
 
Baiklah saudaraku, berikut beberapa tips yang harus kita lakukan agar tembus lulus CPNS tahun ini :

Sejarah Membuktikan
Maksud Sejarah membuktikan adalah apa yang pernah kita lakukan selama ini akan membantu anda mempermudah atau malah mempersulit keberhasilan tes nanti. Artinya kebaikan-kebaikan atau keburukan-keburukan sikap anda selama ini turut penentu keberhasilan anda.
 
Misalkan anda adalah seorang guru wiyatabakti, selama ini menjalankan tugas dengan ikhlas, sungguh-sungguh, loyalitas tinggi, kreatif, patuh pada peraturan, didambakan siswa, dan sifa posfitif lain. Ini merupakan modal dasar yang luar biasa. Kebaikan-kebaikan anda selama ini akan menjadi tabungan EPOS (energy positif) yang akan segera dibayar dengan kesuksesan. Anak-anak yang anda bimbing akan turut mendoakan keberhasilan saudara. Lain lagi jika anda menjalankan tugas tidak semaksimal mungkin, etos kerja sak wetenge dhe we, malas, selalu mencemooh, mengeluh. Ini merupakan tabungan ENEG (energi negatife) yang akan menghambat anda meraih kesuksesan.
 
Jadi perbaiki setiap etos kerja anda. Kerjakan semaksimal mungkin. Andai tidak ada orang yang menghargai anda, Allah akan menggantinya dengan yang lebih mulia.
 
Berlari sekencang-kencangnya
 Kalau anda akan ikut lomba lari, maka berlarilah setiap hari sebanyak-banyaknya dan sekencang-kencangnya. Kecepatan detik ini harus lebih cepat dari detik tadi, kecepatan detik ini harus lembih lambat dari detik nanti. Artinya jika anda akan dites, maka harusnya anda mengetes diri anda dulu sebanyak-banyaknya dan sekencang-kencangnya. Katakan pada diri anda tahun ini saya harus lulus. Maka setiap saat ada waktu saya harus belajar, saya harus mengerjakan soal. Jika anda membiarkan diri anda bermalas-malasan, artinya anda siap tidak lulus tahun ini. Tanamkan pada diri anda sekuat-kuatnya untuk benar-benar serius. 

Bagi waktu anda untuk belajar dan mengerjakan soal.
Jadi anda malas, pasti anda tidak lulus. Anda malas, tahun depan anda akan atri panjang dan menata berkas yang membosankan lagi. Lari kesan-kemari memohon tanda tanga atasan, berapa lagi biaya yang dibutuhkan. Jadi BELAJARLAH
Sekedar berbagi pengalaman. Saat saya akan mengikuti CPNS tahun 2009, saya sudah sering mengingatkan diri saya sendiri. “jika tidak lulus tahun ini maka saya terpaksa harus kuliah S1 PGSD lagi” karena kemungkinan tahun depan D2 PGSD sudah tidak boleh, padahal saya sudah punya S1 Matematika. Maka sejak saat itu saya mencari buku sebanyak-banyaknya di toko buku, ngeprint soal-soal hingga lebih satu rim. Setiap saat saya mempelajarinya, bagun tidur pagi, siang hari, sore hari, saat istirahat kerja, bangun tidur di malam hari, di jalan, nunggu natri di bank, dan tempat lain tak lepas dari latihan soal.
 
Bantu Teman Yang Akan Ikut Daftar Bersama Anda
Tips  ini jarang dilakukan kebanyakan orang. Malah banyak di antara mereka yang saling bersaing, bahkan mencoba menggagalkan teman yang akan mendaftar sebagai peserta. Jika anda ingin lulus maka bantulah teman anda sebisa anda mampu. Jika teman anda meminta info tentang pendaftaran berikan sejelas-jelasnya atau teman anda kesulitan melengkapi berkas dan anda memiliki waktu longgar, bersegeralah membantunya. Saat teman anda tidak memiliki soal latihan, segeralah pinjami. Malah bertambah bagus jika anda mengajari mengerjakan soal-soal tes CPNS. Jangan takut anda akan di kalahkan dengan mereka.
Ingat dibalik semua ini ada yang menilai. Yang Maha Pengasih Mengetahui ketelusuan anda. Saat anda membantu teman-teman anda jangan lupa untuk menghadirkan do’a dalam hati anda. Jadi buat orang sukses jika anda ingin segera sukses. Kerja ikhlas sukses bersama.
 
Perbanyak Sedekah
Ingat Allah maha kaya dan selalu menepati janjinya. Jadi jika ingin kaya sedekah aja. Semakin banyak anda sedekah maka semakin banyak orang-orang yang mendoakan anda. Anda juga boleh bilang terang-terang meminta do’a kepada orang yang anda sedekahi. Jadi segeralah bersedah jika anda ingin sekses tahun ini.
Demikian beberapa hal yang mungkin buat kita intropeksi diri untuk menata kesuksesan pada tes CPNS yang akan anda lakukan. Jika anda ingin memiliki soal-soal buat latihan anda bias mengambil di bawah ini. Jangan Lupa, 4 hal di atas dan jangan lupa selalu mendekatkan diri kepada-Nya. Sukses buat anda?!
(dari berbagai sumber)

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com