CAT BKN Wujudkan Rekrutmen yang Efektif, Efisien, dan Transparan



Denpasar-Humas BKN. Tidak dapat dipungkiri bahwa dewasa ini tuntutan masyarakat akan kinerja pemerintahan sangatlah tinggi termasuk tuntutan akan pengelolaan kepegawaian yang baik, transparan efektif dan efisien. Masih terdapat stigma negatif masyarakat terkait kinerja pengelolaan kepegawaian secara umum contohnya sistem rekruitmen CPNS. Untuk menghilangkan padangan negatif tersebut BKN secara terus menerus melakukan perubahan dan inovasi terkait manajemen kepegawaian, salah satunya penggunaan Computer Assisted Test (CAT) dalam sistem rekruitmen CPNS. Hal ini ditegaskan Kepala BKN Eko Sutrisno saat peresmian Station CAT Kanreg X BKN Denpasar, Jumat (30/8). Kegiatan ini dihadiri pula Kepala Kanreg X BKN Made Ardita, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekruitmen PNS Aris Windiyanto, dan para pejabat dari seluruh Badan Kepegawaian Daerah wilayah Kerja Kanreg X BKN.

Eko Sutrisno lebih lanjut menekankan bahwa CAT yang telah lama dibangun dan dikembangkan BKN ini diterapkan dalam banyak keperluan kedinasan kepegawaian untuk berbagai instansi, seperti seleksi CPNS, pengangkatan dalam jabatan, ujian dinas dan lainnya dengan hasil memuaskan. Melalui tes berbasis komputer ini, proses seleksi berjalan efektif, efisien, transparan, mudah dioperasionalkan, hasil secara cepat diketahui peserta dan panitia, paperless (tanpa kertas) dan tidak bisa diintervensi. “Dengan telah terujinya CAT ini, diharapkan seluruh instansi pusat dan daerah dapat memanfaatkan CAT dalam proses rekruitmen CPNS yang ada”jelasnya.


Kepala BKN Eko Sutrisno  meresmikan penggunaan Station CAT Kanreg X BKN Denpasar

Dalam laporannya, Made Ardita menyampaikan bahwa pengadaan infrastruktur station CAT di BKN Kanreg X BKN Denpasar telah rampung dikerjakan, dan dilengkapi infrastruktur berupa : ruangan CAT didukung dengan 51 unit computer, ruangan monitoring, ruangan server, ruangan registrasi/pendaftaran, dan ruangan lemari loket. Dengan terpenuhinya infrastruktur tersebut diatas, pihaknya telah siap untuk menggunakan CAT dalam rangka penerimaan CPNS maupun untuk kepentingan kepegawaian lainnya. Bersamaan dengan peresmian Station CAT ini, juga dilakukan sosialisasi dan uji coba bagi perwakilan BKD wilah kerja Kanreg X BKN Denpasar. (tomy/ BKN)

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com