Tes CPNS Mulai 23 September 2013



PADANG, HALUAN — Jika tak ada kendala, Pemprov Sumbar akan menye­leng­garakan tes penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mulai 23 September mendatang. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya, tahun ini tes CPNS bakal menerapkan sistem Computer Asisted Tes (CAT).

Sementara sistem ujian lama, berupa Lembar Jawaban Komputer (LJK) masih digunakan terutama bagi daerah yang tidak siap menggu­nakan CAT. Pelaksanaan LJK dijadwalkan serentak di seluruh tanah air pada 29 September. Saat bersamaan juga digelar tes CPNS bagi tenaga honorer K2.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Jayadisman didampingi Sekretaris Novi kepada Haluan menjelaskan, tes CPNS menggunakan sistem CAT tidak bisa dilakukan

serentak. Hal ini berkaitan dengan jumlah perangkat komputer yang tersedia. Karena itu, ujian dilak­sanakan berkali-kali dan diperkirakan selesai bulan November mendatang.

Pemprov Sumbar sendiri masih menjajaki kerjasama dengan be­berapa perguruan tinggi di daerah ini untuk pelaksanaan tes sistem CAT ini. Selain itu, BKN Pekanbaru juga bersedia membantu. Sebanyak 50 unit komputer BKN bisa menampung peserta ujian CPNS. Otomatis peserta tes harus ujian di Pekanbaru.

“Tahun ini, kita akan terapkan tes CPNS menggunakan sistem CAT. Ujiannya dimulai 23 September dan diperkirakan selesai November mendatang. Namun kita belum bisa memastikan di mana lokasi ujiannya. Karena kita masih menja­jaki kerja­sama dengan perguruan tinggi yang siap menyelenggarakannya dan juga mempertimbangkan tawaran BKN Pekanbaru,” terang Jayadisman.

Selain itu, Pemprov Sumbar masih menunggu formasi pene­rimaan CPNS dari pusat. Usulan formasi sudah disampaikan pekan lalu, yaitu untuk formasi guru, dan tenaga teknis bidang kesehatan, pertanian, dan ke-PU-an. Jika formasi sudah ditetapkan pusat, maka segera diumumkan pada masyarakat penerimaan CPNS ini.

Dikatakan Jayadisman, sistem ujian CAT sangat banyak keung­gulannya. Diantaranya berlangsung transparan, tidak melibatkan orang lain dalam pemeriksaan soal, karena soal langsung diperiksa oleh komputer. Sehingga diyakini tidak akan ada penggandaan soal atau pun kebocoran soal.

Untuk mendaftar sebagai pe­serta ujian, juga diterapkan sistem online yang dikelola oleh BKN. Pendaftaran menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Se­hingga seorang peserta hanya bisa ikut pada satu daerah saja. (h/vie)

Untuk belajar persiapan ujian CPNS 2013 dengan metode CAT dapat dipelajari disini.

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com