Kemenkumham Rekomendasikan CAT untuk Tes Kepegawaian 2013




Instansi pemerintah hendaknya memanfaatkan Computer Assisted Test (CAT) yang dikembangkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk berbagai kepentingan seleksi dan tes kepegawaian. Hal ini agar pelaksanaan tes berlangsung obyektif dan hasilnya dapat dipercaya masyarakat. Informasi ini disampaikan oleh Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Deny Indrayana saat meninjau pelaksanaan tes akhir bagi calon taruna Akademi Imigrasi (AIM) dan Akademi Ilmu Pemasyarakatan (AKIP) Kementerian Hukum dan HAM di lantai 2 gedung CAT, Senin (7/5). Ikut hadir dalam pelaksanaan tes ini Deputi Kindang S.Kuspriyomurdono dan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Wicipto Setiadi.

Deny Indrayana lebih lanjut menegaskan bahwa calon taruna yang terpilih untuk mengikuti pendidikan yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM harus cerdas, berintegritas, sekaligus sehat jasmani. “Kami apresiasi CAT yang merupakan salah satu Quick Wins (layanan unggulan) yang digagas dan dioptimalkan oleh BKN ini,” terangnya.

Pelaksanaan tes dengan CAT ini adalah rangkaian akhir bagi calon taruna AIM dan AIP. Tes ini diikuti oleh 102 peserta untuk menyaring 65 orang calon taruna AIP, dan 161 peserta untuk menyaring 130 calon taruna AKIP. “Nilai yang diperoleh masing-masing peserta dalam tes CAT akan dikombinasikan dengan tes kesamaptaan jasmani yang dilakukan sebelumnya” terang Deny Indrayana di depan para peserta tes.

Sistem Rekrutmen dan Seleksi dengan Computer Assisted Test (CAT)

Computer Assisted Test (CAT) merupakan suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar maupun standar kompetensi kepegawaian. Manfaat penggunaan CAT yaitu tersedianya keseluruhan materi soal terdiri dari Tes Pengetahuan Umum, Tes Kepegawaian, dan Tes Skala Kematangan. Disamping itu setiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda-beda untuk tingkat kesulitan yang sama karena bank soal akan diacak oleh aplikasi CAT. Sehingga kerahasiaan soal akan terjamin karena tidak memerlukan lembar soal dan lembar Jawaban Komputer (LJK). Begitu juga dengan penilaian yang dilakukan secara obyektif dan transparan karena yang memeriksa hasil ujian langsung oleh aplikasi CAT. Dengan demikian Peserta ujian dapat memantau sisa waktu yang tersedia melalui layar monitor setiap saat selama ujian berlangsung.

Maksud dan Tujuan

- Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian

- Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional

- Menetapkan standar nilai

Keunggulan/Manfaat Penggunaan CAT


1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet
2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh
3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan)
4. Penilaian dilakukan secara obyektif
5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperoleh

Contoh Program Menggunakan CAT bisa dilihat di sini

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com