Tryout Online Nasional CAT CPNS 2021 GRATIS!!!

Terbatas untuk 1000 Pendaftar pertama


Tryout ini dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Juli 2021

Untuk Paket Tryout CPNS yang lebih UPDATE dan LENGKAP
hanya tersedia pada Paket Premium dan Platinum

*Tryout GRATIS HANYA DAPAT dikerjakan pada hari Minggu, 23 Juli 2021 Pukul 01.00 WIB s/d 23.00 WIB.

Rincian Formasi CPNS Kemenkumham 2017 di 12 Unit Kerja dan 21 Jabatan Se-Indonesia



Panselnas. Selasa, 11 Juli 2017 kemarin Menpan resmi mengumumkan bukaan CPNS 2017 untuk Kemenkumham, dan tak butuh waktu lama hanya untuk membuat informasi ini menjadi ramai, lalu formasi apa saja yang dibuka dalam seleksi CPNS 2017 Kemenkumham tahun ini simak info lengkapnya dalam Rincian Formasi CPNS Kemenkumham 2017 di 12 Unit Kerja dan 21 Jabatan Se-Indonesia.

Semua rincian formasi tertuang dalam Surat Pengumuman Resmi Nomor SEK.KP.02.01-490 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun Anggaran 2017.

Kemenkumham Indonesia memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan ditugaskan di linhkungan Kementerian Hukum dan HAM.

 Adapun Unit Kerja yang mendapatkan alokasi Formasi (penempatan) adalah :
1.       Sekretariat Jenderal Kemenkumham,
2.       Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan.
3.       Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum.
4.       Direktorat Jenderal Permasyarakatan.
5.       Direktorat Jenderal Imigrasi.
6.       Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
7.       Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia.
8.       Inspektorat Jenderal.
9.       Badan Pembinaan Hukum Nasional.
10.   Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia.
11.   Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia.
12.   Kantor Wilayah Kemenkumham : Kemenkumham Aceh, Kemenkumham Sumatera Utara, Kemenkumham Sumatera Barat, Kemenkumham Riau, Kemenkumham Jambi, Kemenkumham Sumatera Selatan, Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung, Kemenkumham Bengkulu, Kemenkumham Yogyakarta, Kemenkumham Jawa Timur, Kemenkumham Kalimantan Barat, Kemenkumham Kalimantan Timur, Kemenkumham Nusa Tenggara Barat, Kemenkumham Gorontalo, Kemenkumham Maluku, Kemenkumham Maluku Utara, Kemenkumham Papua, Kemenkumham Papua Barat ( Kantor Wilayah, Kantor Imigrasi, Rumah Detensi Imigrasi, Lembaga Permasyarakatan, Rumah Tahanan Negara, Balai Permasyaratakan, Balai Harta Peninggalan, dan Rumah Sakit Pengayoman ).

Penjelasan poin pertama :

    Sekretariat Jenderal (disingkat Setjen) adalah unsur pembantu pemimpin atau pimpinan pada Kementerian atau Lembaga Negara yang mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian atau Lembaga Negara. Sekretariat Jenderal adalah Sekretariat pada Kementerian yang menangani urusan pemerintahan yang nomenklatur kementeriannya dan ruang lingkupnya disebutkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.


Penjelasan Poin Kedua :

    Direktorat Jenderal (disingkat Ditjen) adalah unsur pelaksana pada Kementerian atau Lembaga Negara yang mempunyai tugas merumuskan serta melaksanakan kebijakan dan standardisasi teknis di bidangnya. Direktorat Jenderal berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri atau Pimpinan Lembaga Negara.


Nah dari beberapa unit kerja penempatan tersebut ada 21 jabatan yang dibuka dalam seleksi CPNS Kemenkumhamm kali ini, dan rincian formasinya adalah sebagai berikut.


1). Paling banyak untuk Jabatan Penjaga Tahanan dengan Kualifikasi Pendidikan SLTA/Sederajat dengan formasi umum sebanyak 13.720 orang dengan formasi khusus 280 orang Putra/putri Papua dan Papua Barat, jadi total formasi adalah 14.000 orang dengan rincian Pria sebanyak 11.423 orang sedangkan Wanita 2.297 orang.

2). Urutan terbanyak selanjutnya adalah di bagian Analis Keimigrasian Pertama, dengan kualifikasi pendidikan yakni :

    Sarjana Hukum
    Sarjana Sosial
    Sarjana Ekonomi
    Sarjana Akuntansi
    Sarjana Komunikasi
    Sarjana Teknik Informatika
    Sarjana Ilmu Komputer
    Sarjana Sistem Informasi
    Sarjana Teknik Komputer
    Sarjana Sastra Bahasa Asing

Dengan 2 kategori lowongan yakni formasi untuk lulusan cumlaude ada 229 orang sedangkan formasi umum 2.049 jadi total formasi untuk lowongan ini adalah 2.278 dengan kebutuhan Pria sebanyak 1.799 dan Wanita sebanyak 250 orang.

3). Lowongan lain pada bukaan CPNS Kemenkumham 2017 ini yakni diperuntukkan bagi lulusan Sarjana Psikologi, Sarjana Sosiologi dan Sarjana hukum dengan jabatan formasi Pembimbing Kemasyarakatann Pertama dengan total kebutuhan 714 orang terdiri dari Pria sebanyak 497 orang sedangkan wanita 155 orang terbagi menjadi formasi umum 652 orang sedangkan yang khusus adalah 62 orang.

4). Tidak hanya untuk sarjana maka bukaan CPNS Kemenkumham kali ini juga memberi peluang kepada lulusan D-III khususnya jurusan Akuntansi, Manajemen, Kearsipan, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Keuangan, dan Sastra Bahasa Asing. Nah bagi yang memang memenuhi salah satu dari kualifikasi tersebut bisa memperebutkan 30 kursi CPNS yang ada di bagian Pemeriksa Keimigrasian Terampil yang semuanya diseleksi secara umum.

5). Masih banyak lagi formasi yang dibuka oleh Kemenkumham dari segi jenis jabatan namun untuk jumlah yang akan diterima memang cukup terbatas, ini tentu akan membuat seleksi CPNS itu semakin ketat, adapun rincian formasi lainnya adalah :

    Lowongan Kemenkumham di Pemeriksa Merek Pertama ada 15 orang, 13 umum dan 2 cumlaude.
    Lowongan Kemenkumham di Pemeriksa Paten Pertama ada 15 orang juga dengan rincian yang sama yakni 13 umum dan 2 cumlaude.
    Lowongan Kemenkumham Analis Kekayaan Intelektual ada 15 orang, 14 umum dan 1 orang formasi khusus cumlaude.
    Lowongan Kemenkumham di formasi Analis Hukum ada 136 orang, 114 orang formasi umum dan 22 orang formasi khusus.
    Lowongan Kemenkumham di bidang Analis Perlindungan Hak-hak Sipil dan Hak Asasi Manusia ada 40 orang, 35 umum, 4 cumlaude dan 1 untuk penyandang disabilitas.
    Lowongan Kemenkumham Penata Keuangan ada 25 orang, 23 formasi umum dan 2 orang untuk cumlaude.
    Lowongan Kemenkumham di Kustodian Kekayaan Negara ada 20 orang, 18 umum dan 2 cumlaude.
    Lowongan Kemenkumham Pengelola Teknologi Informasi ada 70 orang, 59 umum dan 11 cumlaude.
    Lowongan Perawat pertama di Kemenkumham, diperlukan 100 orang dengan rincian 93 orang untuk umum dan 7 orang cumlaude dengan kualifikasi S1 Keperawatan + Ners.
    Lowongan Kemenkumham untuk Dokter Spesialis masing-masing 1 orang formasi umum yakni Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Pertama, Dokter Spesialis Anak Pertama, Dokter Spesialis Ginekologi Pertama, dan Dokter Spesialis Anestesi Pertama.
    Lowongan Psikologi Klinis Kemenkumham ada 15 orang yakni 13 umum dan 2 cumlaude.
    Lowongan Kemenkumham Terakhir adalah Auditor Pertama ada 15 orang.


Nah dari semua lowongan Kemenkumham yang total berjumlah 17.526 formasi dengan masing-masing ada 16.899 untuk formasi umum di bidangnya (bukan cumlaude) kemudian ada 346 khusus cumlaude ditambah dengan 280 khusus Putra/putri Papua dan Papua Barat serta 1 lowongan khusus penyandang disabilitas.

Untuk latihan soal ujian CPNS baik untuk SMA s/d S1 bisa dipelajari disini
Untuk persiapan ujian samapta bisa dipelajari disini

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com