Nih, ada info beasiswa S-2 s.d S-3 dalam dan Luar Negeri

Bagi putra-putri terbaik bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri dan membutuhkan beasiswa, silakan manfaatkan kesempatan ini yang diselenggagarakan oleh BLU LPDP Kementerian Keuangan. Semoga Sukses.

Sejarah

Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) berdiri pada tanggal 30 Januari 2012 yang ditandai dengan ditetapkannya Keputusan Menteri Keuangan No. 18/KMK.05/2012 tentang Penetapan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan pada Kementerian Keuangan sebagai instansi pemerintah yang menerapkan pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum. Berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan tersebut, LPDP dapat mengelola Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN), karena telah berstatus sebagai BLU penuh.

Sebelum BLU tersebut disahkan, telah terbentuk Satuan Kerja Sementara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (SKS-LPDP), yang kemudian diusulkan oleh Menteri Keuangan dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk dibentuk satuan kerja tetap yaitu Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan surat Nomor B/3101/M.PAN-RB/12/2011 tanggal 28 Desember 2011 menyetujui LPDP sebagai satuan kerja pada Kementerian Keuangan. Atas dasar persetujuan tersebut, Menteri Keuangan menetapkan Organisasi dan Tata Kerja LPDP melalui Peraturan Menteri Keuangan No. 252/PMK.01/2011 tanggal 28 Desember 2011.

Terbentuknya LPDP merupakan amanat Undang-undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sejak Tahun Anggaran 2010 yang mengalokasikan DPPN dan pengelolaannya dilaksanakan oleh Badan Layanan Umum.

Pengelola BLU LPDP merupakan gabungan antara pejabat/pegawai pada Kementerian Keuangan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan Dewan Penyantun LPDP terdiri dari Menteri Keuangan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan Menteri Agama.

Jenis Layanan

    Program Beasiswa
        Beasiswa S2 dan S3 di dalam dan di luar negeri;
        Beasiswa S1 dalam negeri yang berkesinambungan dengan S2 di luar negeri;
        Bertujuan untuk mempersiapkan pemimpin dan profesional Indonesia masa depan;
        Diutamakan untuk bidang-bidang teknik, sains, pertanian, hukum, akuntansi dan keuangan, dan agama.
    Program Pendanaan Penelitian
        Pemberian Bantuan Dana Penelitian bagi kelompok peneliti (lembaga penelitian dan/atau perguruan tinggi);
        Pemberian Penghargaan atas hasil karya penelitian inovatif produktif;
        Bertujuan untuk mendorong dan menghasilkan riset-riset unggul yang dapat diimplementasikan untuk memberi nilai tambah dan/atau inovasi;
        Tema penelitian yang didanai: pangan, energi dan sumber daya mineral, tata kelola lembaga pemerintahan dan swasta, serta bidang lainnya.
    Program Pengelolaan Dana Cadangan Pendidikan
        Sebagai last resort untuk sumber pendanaan fasilitas pendidikan yang rusak akibat bencana alam;
        Diberikan dalam bentuk pendanaan baik untuk fasilitas pendidikan yang dimiliki oleh negara maupun swasta;
        Diutamakan fasilitas pendidikan yang terkait langsung dengan proses belajar mengajar.
    Program Pengelolaan Dana Abadi Pendidikan
        Diinvestasikan dalam berbagai instrumen investasi untuk mendapatkan imbal hasil;
        Bertujuan untuk menjamin keberlangsungan pendanaan pendidikan, sehingga tingkat imbal hasil yang diharapkan harus lebih tinggi dari tingkat inflasi;
        Pada saat ini instrumen investasi yang dipilih adalah dengan tingkat risiko rendah yaitu deposito dan surat utang negara.

Info lengkap Beasiswa LPDP 2013 silakan klik disini

Delete this element to display blogger navbar

 
© KarirBagus.com | Team by KarirBagus.com in collaboration with www.karirbagus.com, and Team KarirBagus.com